phone: +420 776 223 443
e-mail: support@londoncreative.co.uk

Rabu, 03 April 2013

Membuat program penjualan dengan visual basic 2010 dan msql database

Dalam hal ini saya coba meng-share pendapat/teknik/metode/cara/logika saya dalam pembuatan program penjualan menggunakan Visual Basic(VB.Net) dan MySql sebagai tempat penyimpanan datanya. Karena dalam rekayasa perangkat lunak(RPL pendek katanya dalam mata kuliah saya) diperlukan pengetahuan yang wajib diketahui untuk mewujudkan hasil dari suatu analisa yang dikerjakan, dalam kasus ini adalah program penjualan. he he he tapi analisane dibatesi, sory seh belajar, silahkan ber-comment mungkin ada masuka-masukan.
Untuk memulainya adapun perlengkapan yang diperlukan adalah sebagai berikut:
  1. Komputer dan OS yang mendukung untuk diinstal;
  2. Microsoft Visual Studio 2010, dapat di download disini Free Developer Tools atau dapat juga di Ultimate Trial Edition
  3. MySql Connector .Net dapat didownload disini, saya sarankan memakai versi 6.3.2 kalo tidak ketemu ya versi 6.3.9. pengalaman saya waktu masih pake vb 2008 + conector versi 6.5.4 trus berpindah versi vb.net 2010, waktu menggunakan add wizard koneksi ke mysql pada saat memasukan username, password dan database ke kolom isian yang diminata eh tiba tiba formnya menghilang entah kemana, sampai*2 saya harus merelakan seluruh program pendukung dan vb.net 2008 yang sudah up to date dan diinstal dengan fresh copy dari vb.net 2010
  4. XAMPP (Apache+mysql+php+phpdmin+…) yang dapat didownload disini atau langsung disini, versi yang saya pake 1.7.3, dengan bundle versi MySQL 5.1.41 (Community Server) with PBXT engine 1.0.09-rc
Seperti yang telah di tulis di atas untuk menghasilkan suatu produk software yang bagus diperlukan kemampuaan menganalisa yang jitu pula, misal (analisa gradakan kasus diatas) : Model sistem pembukuan yang diterapkan(Tata Usaha dan Kearsipan), Faktor fungsionalitas dari program, Penentuan perangkat hardware/software dalam mengaplikasikan/mengimplementasikan hasil dan sebagainya. Tapi saya disini tidak membahas analisanya akan tetapi lebih ke teknik pemrogramanya, bagamana cara meng-coding antara mysql dengan Visul Basic .Net. Ya kiranya cukup preface dari saya and lets do it
Pembuatan/Perancangan Database MySQL dengan PhpMyAdmin
Adapun ERD nya terlihat seperti gambar berikut :
Entity Relation Diagram
Entity Relation Diagram
Untuk memulai pastikan XAMPP ready dalam artian Web Server Local (Apache) dan MySQL Database sudah jalan, terlihat seperti ini :
XAMPP Control Panel
XAMPP Control Panel
kemudian masuk ke PhpMyAdmin dengan cara buka web browser dan mengetikan ke kolom URI dengan url http://localhost/phpmyadmin/ atau dengan cara mengklik button Admin pada deretean Mysql pada XAMPP Control Panel, akan langsung membuka web browser dan masuk kedalam home page XAMPP(Localhost) kemudian klik pada tab Tools > phpMyAdmin, masukkan username dan password yang diminta(benar) akan dibawa ke home page dari phpMyAdmin terlihat seperti gambar :
Home Page PhpMyadmin(localhost)
Home Page PhpMyadmin(localhost)
Buat Database dengan cara mengetikan nama database yang dibuat pada kolom MySQL Localhost > Create new database, contoh: tugaspakmuzaki kemudian klik button Create(berhasil) Web Browser akan langsung di redirect ke dalam database tugaspakmuzaki yang selanjutnya digunakan untuk perancangan tabel-tabel sesuai ERD diatas. Terlihat seperti gambar :
New Rancang Tabel
New Rancang Tabel
Pembuatan/Perancangan Tabel pada Database MySQL menggunakan PhpMyAdmin
Untuk membuat table isikan nama tabel dan jumlah field dikolom yang tersedia yaitu kolom name dan Number of fields pada pada group Create new table on database tugaspakmuzaki seperti contoh : nama tabel “barang” dan jumlah field 9 klik button Go.
Contoh membuat tabel
Contoh membuat tabel
akan di redirect ke perancangan atribut dari field-field pada table yang dibuat, perhatikan ERD diatas tanda kunci merupakan Primery key di tentukan pada kolom index, bila kolom tidak terlihat geser kekiri/kekanan scrolbar yang berada di bawah, untuk pemilihan atribut type dan sebagainya dapat mengklik gambar panah kebawah pada dropdown list. Kemudian klik button Save untuk menyimpan tabel yang telah dibuat, bila button save tak terlihat tarik scrollbar sebelah kanan ke bawah.
Rancang Atribut Field pada Tabel MySQL
Rancang Atribut Field pada Tabel MySQL

Ket ERD
    Keterangan dari gambar Ket ERD
  • a :> Simbol dari Field, eg: gambar kunci merupakan simbol dari atribut field yang memiliki indek Primary Key
  • b :> Nama Field
  • c :> Data type Field, eg: Varchar
  • d :> Merupakan Alokasi nilai panjang dari atribut data type
  • e :> Merupakan nama tabel, eg: tabel barang pada database tugaspakmuzaki
  • f :> Garis relasi antar tabel
Setelah proses penyimpanan sukses halaman langsung diredirect ke hasil dari proses terlihat seperti berikut, perhatikan pada query yang dijalankan, hasil berupa field-field beserta atribut-atributnya, pada indexes terdapat primary key dengan field kode_barang.
Hasil Create Table
Hasil Create Table
Ulangi proses pembuatan tabel diatas sehingga seluruh tabel yang diperlukan telah siap digunakan, untuk pembuatan/Designer ERD pada PhpMyAdmin tidak dibahas disini karena relasi akan diatur dalam coding program menggunakan Visual Studio 2010.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar