PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Belajar PBO, berarti harus membiasakan diri berpikir secara kelas dan objek setiap menghadapi masalah.Contoh :
Buatlah program untuk menghitung keliling lingkaran dari masukan jari-jarinya !
Masalah tersebut bila disajikan dengan pendekatan kelas dan objek, harus direvisi sebagai berikut :
Buatlah kelas lingkaran yang memiliki tanggungjawab mengetahui jari-jarinya dan kelilingnya, lingkaran tersebut dapat melakukan aksi mengembang dan berkerut sesuai dengan panjang jari-jarinya.
Spesifikasi j2ee antara lain JDBC, JDOM (untuk XML), Remote Method Invocation, Enterprise Java Beans, Java Messaging, Java Server Pages, Java Servlet, Socket Programming, dan SQLJ. Java/Standard Development Kit (JDK/SDK) merupakan alat-alat utama bagi programmer untuk membuat dan menjalankan java.
Development Kit dapat didownload di :
http://java.sun.com/product/JDK/index.html atau
http://java.sun.com/j2se/1.5/index.html atau
http://java.sun.com/cgi-bin/java-ports.cgi
Komponen JDK antara lain compiler(javac), interpreter(java) disebut juga java virtual machine atau java runtime environment, applet viewer(appletviewer), debugger(jdb), java class library(jcl), header dan stub generator(javah), dan yang paling penting yaitu java documentation(javadoc).
Penjelasan penggunaan komponen JDK :
1. Kompilator (javac)
Bertugas untuk melaksanakan kompilasi
*.java menjadi *.class
Syntax umum : javac nama.java
2. Interpreter (java)
Bertugas untuk menjalankan bytecode (*.class)
Syntax umum : java nama.class
3. Applet Viewer
Digunakan untuk menjalanakan applet viewer, namun sekarang sudah digantikan browser.
Syntax umum : appletviewer nama.html
4. Java Debugger
Bertugas untuk melakukan debugging aplikasi java. Syntax umum : jdb option
5. Java Class File Diassembler (javap)
Bertugas membuat daftar method dan attribute public dari suatu kelas.
Syntax : javap namaKelas
6. Java Header and Stub Generator
Bertugas menerjemahkan bahasa yang ditulis dalam bahasa java menjadi bahasa C.
Syntax umum : javah namaKelas
7. Java Documentation Generator
Menampilkan pustaka kelas, interface, constructor, dan method standard yang telah dibuat vendor.
Dari hasil instalasi, dokumentasi ini dapat dilihat di pada C:\java\docs\api\index.html atau
C:\Program Files\NetBeans3.6\docs\junit\index.html
8. Source Code Java API
Source code ini dapat diperoleh dari file src.zip.
Untuk pemrogram pemula lingkungan pemrograman java dapat diringkas menjadi :
1. Editing source code menggunakan editor teks.
2. Compiling menggunakan keyword javac melalui command promp (dapat juga dari editor teks).
3. Executing menggunakan :
a. Keyword java melalui command prompt (dapat juga dari editor teks)
b. Browser atau applerviewer untuk applet.
Token
Token adalah elemen terkecil di program yang masih memiliki arti. Ada 5 token dalam bahasa java yaitu identifier, keyword, literal dan tipe data, operator, serta separator.
Identifier
Identifier adalah token yang merepresentasikan nama sesuatu. Sesuatu tersebut adalah variabel, atau konstanta, atau attribute, atau method, atau kelas, atau package, atau interface, atau nama file, dan lain-lain.
Keyword
Kata kunci digunakan untuk suatu tujuan tertentu. Ada 51 keyword dalam java yaitu :
abstract | continue | for | new | switch |
boolean | default | goto | null | synchronized |
break | do | if | package | this |
byte | double | implements | private | threadsafe |
byvalue | else | import | protected | throw |
case | extends | instanceof | public | throws |
catch | false | int | return | transient |
car | final | interface | short | true |
class | finally | long | static | try |
const | float | native | super | void |
while |
Literal dan Tipe Data Primitif
Literal adalah nilai variabel/attribute atau nilai konstanta atau nilai objek data. Ada tiga besaran literal dalam java yaitu angka, karakter, dan string.
Angka terdiri dari byte, short, int, long, float, double, dan boolean (dianggap angka true = 1 atau false = 0)
Semua variabel dan konstanta yang akan digunakan harus dipesan terlebih dahulu dalam deklarasi.
Bentuk umum :
TipeData namaVar = ungkapan_atau_nilai;
TipeData namaVar1, namaVar2, …;
[modifier] static final TipeData NAMAKONSTANTA = nilai;
Contoh deklarasi :
double a=3, b=4;
double c = Math.sqrt(a*a+b*b);
static final PHI=3.14;
static final double CM_PER_INC = 2.54;
Berikut tabel jangkauan dan ukuran dari semua tipedata sederhana dalam java :
Tipe Data Primitif
|
Jangkauan
|
Ukuran (bit)
|
byte
|
-128 s/d 127
|
8
|
short
|
-32767 s/d 32767
|
16
|
int
|
-2147483648 s/d 2147483647
|
32
|
long
|
-9223372036854775808 s/d
9223372036854775807
|
64
|
char
|
sebuah Unicode
|
16
|
float
|
3.4e-038 s/d 3.4e+038
|
32
|
double
|
1.7e-308 s/d 1.7e+308
|
54
|
boolean
|
false = 0 atau true = 1
|
8
|
Operator
Operator melakukan komputasi terhadap satu/dua objek data. Operan yang dioperasikan dapat berupa literal, variabel, atau nilai yang dikirim method.
Berikut tabel dan hirarki operator :
Prioritas
|
Kelompok Operator
|
Keterngan
|
1
|
. [] () | Sekaligus |
2
|
++var, –var, ~, instanceof | preincrement, predecrement, unary, instance dari kelas … |
3
|
(type) (casting) | |
4
|
! | Not |
5
|
*, /, % | perkalian, pembagian, modulus |
6
|
+, - | penjumlahan, pengurangn |
7
|
<<, >>, >>> | geser untuk bil biner |
8
|
<, >, <=, >= | pembandingan |
9
|
==, != | kesamaan, ketidaksamaan |
10
|
& | and |
11
|
^ | exclusive or |
12
|
| | unconditional or |
13
|
&& | conditional and |
14
|
|| | conditional or |
15
|
? : | shorthand untuk if..then…else… |
16
|
=, +=, -=, *=, /=, %=, ^= | operator penugasan |
17
|
&=, |=, <<=, >>=, >>>= | operator penugasan |
18
|
var++, var– | postincrement, postdecrement |
Separator menginformasikan ke compiler java mengenai adanya kelompok kode program.
Berikut adalah daftar separator di java :
Notasi
|
Nama
|
Deskripsi
|
(…)
|
kurung | mengelompokkan parameter method. |
{…}
|
kurung kurawal | mengelompokkan nilai-nilai suatu array, mendefinisikan blok kode kelas ataupun kode method. |
[…]
|
kurung siku | mendeklarasikan tipe array |
:
|
titik koma | mengakhiri pernyataan, merangkai pernyataan-pernyataan di dalam for. |
,
|
koma | memisahkan identifier-identifier di bagian deklarsi variable. |
.
|
titik | memisahkan nama-nama package,
memisahkan kelas dari objek, dan objek dari method. |
Keyword break, continue, dan return
Kelompok keyword ini pada prinsipnya merupakan kendali jump (variasi lain dari goto), sehingga berakibat pengabaian sisa instruksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar